Diskusi Publik - Jurnalis Merdeka dari Pembungkaman: Fakta atau Mitos?

 

Kekerasan terhadap jurnalis dari tahun ke tahun terus meningkat. Aliansi Jurnalis Independen (AJI) mencatat dari periode 2020-2021 terdapat 90 kasus kekerasan terhadap jurnalis. Hal Ini meningkat jauh dari periode sebelumnya yang terdapat sebanyak 57 kasus.

Berdasarkan temuan AJI, pelaku dari kekerasan terhadap jurnalis paling banyak dilakukan oleh aparat kepolisian. Kekerasan terhadap jurnalis dialami dengan mendapatkan tindakan kekerasan saat ia menjalankan tugas jurnalistiknya. Hal ini dialami pula hingga Papua, Jurnalis Victor Mambor yang merupakan Pemimpin Umum Tabloid Jubi mendapatkan intimidasi, doxing, dan kekerasan.

Mencoba merefleksi ruang aman bagi jurnalis yang juga bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia ke 76, apakah jurnalis Indonesia sudah terjamin haknya, sesuai dengan Pasal 28 Undang-Undang Dasar 1945 yang berisikan tentang menjamin kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan?

Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ), akan menyelenggarakan diskusi online dengan tema “Jurnalis Merdeka Dari Pembungkaman: Fakta Atau Mitos?”

Segera registrasi di: s.id/jurnalismerdeka

Atau simak tayangan langsung melalui YouTube AJI Indonesia dan Amnesty International Indonesia

When

August 19, 2021 at 1:00pm - 3pm

Where

Zoom Webinar

Showing 1 reaction

Please check your e-mail for a link to activate your account.