Volunteer #ForChange: Edisi PENA

Apa itu Volunteer #ForChange?

Partisipasi dan kontribusi kamu bersama kami sangatlah berarti.

Volunteer #ForChange adalah program mobilisasi relawan yang dilakukan untuk mencatat aktivitas relawan dengan akumulasi poin yang akan menempatkan relawan pada urutan tertentu sesuai poin yang diraih. Poin ini didapatkan melalui segala jenis aktivitas kerelawanan yang memungkinkan, mulai dari menandatangani petisi, menyebarkan petisi, hadir pada acara, mengundang teman untuk hadir pada acara, berkontribusi pada media sosial Amnesty, dan berbagai aktivitas lainnya. Program yang selalu berada di dalam pengembangan ini tentunya akan menekankan pada apresiasi terhadap kerja keras relawan dengan memberikan berbagai macam hadiah menarik pada tiap tiga bulannya.

Kini, Volunteer #ForChange hadir pada kampanye PENA: Pesan Perubahan 2021, di mana para relawan dapat gencar berkampanye mengenai isu KPK, Masyarakat Adat Kinipan, Pembunuhan Pendeta Yeremia, dan Revisi UU ITE.

 

Apa saja aktivitas yang dapat dilakukan?

Relawan dapat melakukan beberapa aktivitas berikut yang nantinya akan dihitung dengan poin yang masing-masing telah ditentukan.

 

Aktivitas

Poin

RSVP untuk Acara

10

Mengundang teman RSVP untuk Acara

5

Menandatangani petisi

15

Mengundang teman untuk menandatangani petisi

10

 

*apabila relawan membatalkan aktivitasnya, poin akan dikurangi sesuai dengan poin yang telah didapatkan.

 

Bagaimana cara mendaftar menjadi relawan?

Untuk mendaftarkan diri sebagai relawan agar kamu dapat mendapatkan poin dan membuat poin tersebut tercatat, peserta harus melakukan tahapan utama berikut:

  1. Kunjungi laman NationBuilder di amnestyindo.nationbuilder.com
  2. Daftarkan profil kamu melalui Sign Up
  3. Ikuti arahan dengan memasukkan email, menuliskan Nama Depan, Nama Belakang, Username, Nomor Telpon, dan Password.
  4. Profil kamu siap untuk digunakan
  5. Pergi ke halaman Volunteer Sign Up dan daftarkan diri kamu sebagai relawan.
  6. Kamu telah siap untuk menjadi relawan dan berjuang untuk membawa perubahan!

 

 

Bagaimana cara mengundang teman dan mendapatkan poin?

Kamu dapat melakukan dua cara untuk mendapatkan poin melalui laman Petisi yaitu menandatangani petisi dan membagikan petisi.

  • Menandatangani Petisi

1. Petisi merupakan halaman di mana kamu dapat mengirimkan surat langsung kepada pemangku kebijakan yang berkaitan dengan masing-masing isu. Petisi terletak pada pena.amnesty.id. Kamu dapat memilih salah satu atau semua isu untuk ditandatangani. 

2. Pada halaman tersebut, baca deskripsi isu.

3. Setelah meyakinkan diri kamu ingin mendukung kasus tersebut, gulir halaman sampai bawah hingga bertemu dengan kolom petisi.

4. Isi nama depan dan nama belakang.

5. Isi email dengan email kamu sendiri.

6. Kamu dapat mengirimkan pesan kepada pemangku otoritas dengan judul dan isi yang telah kami berikan atau kamu dapat mengubah isi dari pesan tersebut ubah pesan pada kolom surat.

7. Centang kolom Ya, saya mau menerima email dari Amnesty.

8. Klik Kirim.

9. Poin kamu akan tercatat setelah menandatangani petisi

 

  • Membagikan Petisi

1. Kamu dapat membagikan petisi ke teman-teman kamu untuk mendapatkan poin. Untuk membagikan, pastikan kamu telah masuk ke halaman PENA melalui akun Amnesty yang telah dibuat. Gulir halaman petisi hingga bawah dan kamu dapat menemukan kolom masuk. Isi email dan password, lalu klik Post Your CommentTenang, kamu hanya akan masuk, kamu tidak akan menambah komentar apapun.

2. Setelah kamu masuk, kamu akan ditampilkan pada laman yang sama.

3. Kamu dapat membagikan petisi melalui kolom share di bagian kiri dari halaman. Terdapat lima opsi, membagikan dengan copy, email, Twitter, Facebook, dan WhatsApp.

4. Pastikan kamu membagikan melalui opsi-opsi yang telah disediakan, apabila kamu tidak membagikan melalui opsi tersebut, kamu tidak akan mendapatkan poin.

5. Pastikan setelah kamu membagikan, teman kamu juga menandatangani petisi. Apabila kamu hanya membagikan tanpa teman kamu menandatangani, kamu tidak akan mendapatkan poin.

 

Bagaimana cara melihat akumulasi poin?

Akumulasi poin dapat dilihat di laman Leaderboard yang dapat diakses melalui Leaderboard di sini. Poin ini akan terbaharui secara otomatis setelah relawan melakukan aktivitas yang telah disebutkan di atas.

 

Apa yang akan saya dapatkan sebagai relawan di program ini?

Semua kontribusi relawan berharga dan akan kami hargai, maka dari itu format yang telah kami buat memungkinkan teman-teman untuk memacu diri dan bersemangat dalam melakukan aktivitas sebagai relawan dalam menyebarkan berbagai aktivitas Amnesty. Di akhir program PENA, kami akan mengevaluasi Leaderboard dan akan memberikan berbagai hadiah menarik bagi para relawan terbaik. Berbagai hadiah yang dapat kamu dapatkan seperti sertifikat, merchandise eksklusif relawan, merchandise Amnesty, kesempatan diundang dalam acara Amnesty, dan kesempatan untuk ditampilkan di media sosial Amnesty (hadiah ini bersifat tentatif dan akan terus berada dalam pengembangan).

 

Apa pengalaman yang akan kamu dapatkan sebagai relawan? 

"Masa lalu saya adalah sebuah refleksi dan pembelajaran untuk lebih sensitif terhadap pelanggaran hak asasi manusia. Tidak sedikit kasus pelanggaran HAM yang terjadi. Bahkan di masa lalu, saya juga merasakan tindak diskriminasi warna kulit dan kepercayaan, padahal keanekaragaman adalah hal sangat wajar. Berbekal masa lalu itu dan penglihatan saya selama ini, saya bergabung dengan Amnesty Internasional Indonesia dengan harapan adanya perubahan. Banyak hal yang saya dapatkan saat saya bergabung dengan Amnesty Internasional Indonesia sebagai Relawan seperti teman dan juga ilmu yang tidak saya dapatkan sebelumnya serta pemahaman tentang Hak Asasi Manusia. Setelah setahun saya bergabung dengan Amnesty, saya semakin percaya adanya perubahan untuk memberantas pelanggaran HAM" Patrice Yashinta, Volunteer AII

 

Aksi lain

Setelah kamu mengikuti berbagai aktivitas dan menyebarkan aktivitas ini, masih banyak cara lain untuk mendukung Amnesty International Indonesia.

Ikuti kami di media sosial untuk kabar terbaru mengenai program ini dan mengikuti program-program menarik lainnya.

Twitter: @amnestyindo

Instagram: @amnestyindonesia

Facebook: Amnesty International Indonesia